Kamis, 04 Juni 2009

E-Business di Indonesia: Harapan Kita Semua

Perkembangan E-Business memang sudah lama kita dengar, namun apakah orang-orang yang ada di sekeliling kita sudah memanfaatkan Internet untuk kepentingan busines mereka? Atau mereka hanya menggunakan Internet sebagai alat penghibur? Atau bahkan hanya untuk sekedar untuk berbuat maksiyut, eh maksudnya maksiat? Perkembangan teknologi informasi harus diikuti dengan perkembangan busines yang dijalankan oleh orang Indonesia. Banyak potensi daerah yang belum dikenal masyarakat internasional karena mereka tidak tahu cara untuk mempromosikan daerah mereka. Padahal potensi yang ada dapat dimanfaatkan untuk membengun perekonomian rakyat Indonesia.
Keinginan untuk maju menuntut orang untuk berpikir busines dan kebebasan finansial. Maju dalam hal ini adalah maju secara bersama-sama dalam konteks Indonesia. Pemanfaatan Internet untuk kemajuan bangsa sangat diharapkan, tinggal bagaimana kita mengambil sikap untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Pihak akademisi tentunya harus mempunyai pemikiran untuk membantu saudaranya untuk ikut maju. Sebenarnya kemiskkinan yang selama ini digembar-gemborkan akan diatasi seharusnya menjadi tanggung jawab bersama. Sebagai kaum intelektual, akademisi harus memiliki sumbangsih pada masyarakat untuk "membunuh" kemiskinan yang ada.
Mungkin memang sulit untuk mengajari mereka busines online, tapi kita dapat membantu mereka untuk membuatkan sarana agar mereka "melek" terhadap teknologi dan tahu bagaimana cara memanfaatkannya. Misalnya saja, kita buatkan website atau blog gratisan yang dapat mereka gunakan untuk mempromosikan hasil karya mereka. Mekanisme transaksi juga perlu kita ajarkan kepada mereka agar tidak tertipu oleh pihak yang sengaja memanfaatkan keluguan masyarakat. Kemudian, kita tidak boleh langsung lepas tangan. Kita tetap berada pada posisi penting bagi keberhasilan busines yang dijalankan masyarakat. Tanpa adanya pengelolaan busines online secara berkelanjutan akan menimbulkan efek negatif bagi kelancaran busines yang dijalankan.

1 komentar:

  1. pak endra,,
    UAS aplikomnya jadi take home tdak?
    Mohon segera diterbitkan,,,
    terimakasih!

    BalasHapus